Pengertian dan Fungsi Scanner Pada Kompueter

Pengertian Scanner
Scanner adalah salah satu peripheral komputer yang cukup banyak digunakan di berbagai lingkungan misalnya perkantoran, sekolah, laboratorium, kantor pemerintah, dan lain sebagainya. Beberapa pekerjaan dapat dilakukan dengan menggunakan scanner yang di Indonesia dapat disebut sebagai alat pemindai. Alat pemindai ini cukup mudah digunakan dan praktis sehingga memudahkan dalam melakukan pekerjaan.
Image result for scanner

Scanner adalah suatu alat elektronik yang memiliki fungsi mirip seperti dengan mesin photocopy, perbedaannya adalah jika pada mesin photocopy hasilnya dapat langsung dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer terlebih dahulu kemudian baru dapat diubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai sebuah berkas text, dokumen, atau bisa juga gambar. Scanner merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu, digunakan untuk mengambil citra cetakan (gambar, foto, tulisan) untuk kemudian diolah atau ditampilkan melalui komputer.

 Hasil pemindaian itu pada umumnya akan diolah oleh komputer sebagai data digital. Data digital yang telah diambil dengan scanner tersebut, dapat dimasukkan secara langsung ke semua aplikasi sistem komputer yang mengenali ASCII text. terdapat perbedaan antar tiap scanner dari berbagai produsen terletak pada pemakaian teknologi dan resolusinya. Pemakaian teknologi misalnya penggunaan tombol-tombol digital dan teknik pencahayaan yang diterapkan.

Jenis-Jenis Scanner
Scanner atau bisa disebut pemindai gambar , bisa dibedakan menjadi 3 berdasarkan fungsi dan cara memakainya:

Handheld Scanner
Handheld scanner adalah alat pemindai (scanner) yang cara kerjanya digenggam menggunakan tangan, scanner ini sering dijumpai di supermarket.

Flatbed Scanner
Pada pemindai gambar flatbed, kertas diletakkan diatas kaca pemindai, kemudian lampu dan sensor pemindai akan bergerak menyusuri kertas tersebut untuk memperoleh gambarnya. Object yang akan dipindai diletakkan diantara lensa sensor dan cover. Biasanya banyak digunakan di perkantoran.

Automatic Document Feeder
Pada pemindai Automatic Document Feeder (ADF), kertas diletakkan pada baki atau tray, lalu satu per satu kertas akan dimasukkan oleh bagian mekanik pemindai. Pada saat kertas bergerak di atas lampu pemindai, sensor pemindai bekerja untuk memperoleh gambar yang merepresentasikan kertas tersebut. Berikut ini adalah keunggulan pemindai Automatic Document Feeder.
  • Kecepatannya tinggi, dapat mencapai lebih dari 10000 lembar per jam
  • Dapat membaca dua sisi kertas sekaligus pada saat yang bersamaan
  • Dengan imprinter, pemindai dapat memberikan tanda pada lembaran yang telah dipindai
  • Sangat tepat dipasangkan dengan perangkat lunak berteknologi Digital Mark Reader serta untuk pengarsipan dan management dokumen
Fungsi Scanner:
Sebagai pemindai file hard menjadi file digital. Biasanya, orang banyak membutuhkan file digital untuk kemudian diolah kembali menggunakan berbagai aplikasi seperti Microsoft Office atau Adobe Photoshop. Nah, untuk mengeditnya di komputer, tentu file yang sudah berbentuk dokumen atau foto kemudian harus diinput kembali ke dalam komputer sehingga bisa diolah.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian dan Fungsi Smadav

Pengertian dan Fungsi Macromedia Flash

Sejarah dan Pengertian FreeBSD