Multilayered Machine Arsitektur Komputer

Gambar terkait
Arsitektur Komputer merupakan gaya konstruksi dari komponen sistem komputer. Terdapat sejumlah tingkatan dalam konstruksi dan organisasi komputer. Perbedaaan paling sederhana diantara tingkatan tersebut adalah antara hardware dan software. Tingkatan ini kemudian dipandang sebagai Multilayered Machine yang terdiri dari beberapa Layer Software yang berada diatas beberapa Layer Hardware (Perhatikan gambar dibawah)

lapet

  1. Physical Device Layer
    Suatu sistem komputer terdiri dari banyak rangkaian elektronik. Satu rangkaian dengan fungsi tertentu dapat  tersusun dari satu atau lebih rangkaian dasar. Rangkaian-rangkaian tersusun atas komponen-komponen elektronika yang saling terhubung dan membentuk fungsi tertentu. Komponen elektronika yang membangun komputer  dapat digolongkan berdasarkan sinyal yang dihasilkan yaitu Komponen Pasif dan Aktif. Komponen Pasif merupakan komponen yang tidak menguatkan sinyal. Jika diberikan masukan kepadanya maka sinyal tidak akan mengalami penguatan,contohnya adalah Resistor, Induktor dan Kapasitor. Sedangkan komponen aktif dapat menguatkan sinyal. Contohnya adalah Dioda, Transistor dan IC (Integrated Circuit).
    motherboard-wallpaper-1280x800
  2. Digital Logic Layer
    Sistem digital merupakan dasar dalam melaksanakan berbagai tugas komputasi. Logika digital merupakan elemen yang dapat menyimpan, memanipulasi dan mentransmisi data dalam bentuk representasi biner sederhana. Untuk membuat s
    emua komponen elektronika menjalankan fungisnya, maka komponen tersebut disusun dalam sebuah rangkaian-rangkaian logika yang disebut dengan gerbang-gerbang logika. Gerbang logika mengubah satu atau beberapa masukan logik menjadi sebuah sinyal keluaran logik. Gerbang logika akan menghasilkan sinyal-sinyal biner; 1 atau 0 jika persyaratan-persyaratan masukan logika terpenuhi. Contoh dari gerbang logika yang terdapat pada komputer adalah Gerbang AND, OR, NOT, NAND, NOR dan XOR.
    computer_sciene_logic_gate_earrings_by_stark060-d68jrpp
  3. Microprogrammed Layer
    Untuk menjalankan operasinya, elemen logika digital perlua mendapatkan instruksi atau
    perintah. Dalam lapisan hardware, perintah ini datang dari Machine Layer yang menggunakan bahasa mesin. Bahasa mesin ini kemudian diterjemahkan oleh Microprogrammed Layer untuk segera disampaikan pada logika digital.
    microprogrammed
  4. Machine Layer
    Machine Layer merupakan lapisan yang menjadi penghubung antara komponen software dengan hardware. Program dapat dituliskan
    pada lapisan ini. Program ditulis menggunakan instruksi bahasa mesin karena hanya bahasa mesin yang dapat dimengerti oleh hardware. Perintah pada lapisan diatasnya diterjemahkan menjadi bahasa mesin untuk selanjutnya diteruskan ke lapisan dibawahnya.
    machine
  5. Operating System Layer
    Operating System Layer pada komputer mengontrol setiap hal yang dilakukan semua software dalam menggunakan hardware. Selain itu, pada lapisan ini sistem operasi juga berfungsi untuk menyembunyikan kompleksitas hardware dari software lain dengan cara memberikan fasilitasnya sendiri yang memung-kinkan software lebih mudah dalam menggunakan hardware.
    OS
  6. Higher Order Software Layer
    Higher Order Software layer merupakan lapisan yang mencakup semua bahasa program kecuali bahasa mesin. Bahasa program yang ada didalamnya adalah bahasa program yang memerlukan penerjemahan ke dalam bahasa mesin sebelum mereka dapat dijalankan. Ketika program ini akan dijalankan, mereka mengandalkan fasilitas yang disediakan sistem operasi untuknya. Fasilitas inilah yang kemudian menghubungkan perintah tersebut ke lapisan hardware.
    Tablet PC with cloud of application icons
  7. Applications Layer
    Application Layer merupakan lapisan terakhir yang berisi bahasa komputer yang dimengerti dan dilihat langsung oleh end-user (pengguna). Bahasa end-user yang menarik dan mudah dimengerti akan memberikan ketertarikan dan kemudahan dalam menggunakan komputer.
    brainware




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian dan Fungsi Smadav

Pengertian dan Fungsi Macromedia Flash

Sejarah dan Pengertian FreeBSD