Sejarah Sistem Unix

pengertian UNIX

Sejarah Sistem Operasi UNIX

Unix dikembangkan dari MULTICS, sebuah proyek sistem operasi multi-user. Pada tahun 1969, proyek AT & T MULTICS dihentikan karena terlambat, tidak sesuai dengan rencana, serta jarak antara peneliti yang mengembangkannya di antara laboratorium New Jersey dan MIT.
Pada tahun 1969, Ken Thompson bekerja pada struktur, dengan Dennis Ritchie, dua peneliti yang sebelumnya mengerjakan proyek MULTICS, untuk mewujudkan gagasan MULTICS dengan komputer PDP-7. Peter Neuman merekomendasikan penggunaan nama Unix atau bisa juga dikatakan untuk sistem yng baru ini. Pada tahun 1971, Unix di porting atau bisa dikatakan untuk PDP-11 dari Digital. Kemudian pada 1970-an, ilmuwan AT & T menambahkan kemampuan UNIX kecil, tidak banyak program kecil, yang disebut alat di UNIX, di mana setiap alat digunakan atau dapat dikatakan berfungsi.
Pada tahun 1973, Unix ditulis ulang oleh Ken Thompson, menggunakan bahasa C baru yang dikembangkan oleh Dennis Ritchie. Bahasa c dirancang atau bisa dikatakan diangkut dari satu komputer ke komputer lain.
Pada tahun 1977, Mike Lesk mengembangkan sebuah “porting I / O library”, sebuah perpustakaan untuk atau dapat dikatakan untuk mengatasi kesulitan membawa UNIX dari satu komputer ke komputer lain karena adanya penanganan sistem input dan output yang berbeda dari setiap komputer. Unix pertama kali ditempatkan di lab Interdata 8/32, komputer mikro split dengan PDP-11. Pada tahun 1978 sistem operasi UNIX dibawa ke komputer mini VAX. Sampai-sampai era ini, Unix belum merupakan sistem penjelajahan kecil yang menjdai.
Pada awal 1973, lebih dari 16 AT & T atau Western Electric di luar lab Bell dengan sistem operasi Unix, kemudian menyebar Unix. Perusahaan mulai port ke Unix atau bisa dicoba agar mesinnya membuat beberapa varian Unix. Pada tahun 1977 setidaknya 500 tempat duduk dengan sistem operasi Unix, dimana 125 universitas dan lebih dari 10 di luar negeri. 1977 juga versi Unix 6 yng memiliki dukungan komersial.
University of California di Berkeley membayar 400 (dalam dolar) untuk atau dapat dikatakan untuk mendapatkan sumber Unix dimana ada kode sumber Unix lengkap. Bill Joy dan Chuck Haley, lulusan Berkeley, mulai berubah. Pada tahun 1978, Bill Joy mengeluarkan 30 salinan koleksi program serta modifikasi Unix, dimana media alternatif biaya dan pengirimannya mencapai 50 (dalam dolar). Lebih dari 6 tahun, Berkeley mendapat dana dari ARPA untuk atau bisa dikatakan Unix bernama Yng bersamanya untuk mengembangkan BSD Unix. Bukan pengembangan kecil yang sudah pernah dilakukan, seperti multitasking, penamaan file dengan jumlah karakter hingga 255 karakter dengannya, dan kemampuan untuk atau bisa juga dikatakan bisa digunakan pada komputer lokal. Pada tahun Yng Perkusi AT & T tetap mengembangkan versi Unix, dan mulai mengkhawatirkan popularitas BSD Unix.
Kemudian AT & T mengembangkan produk komersial Unix, produk itu disebut dengan nama UNIX System V, dan menyatakan sebuah standar Unix serta mencatat bahwa BSD Unix bukanlah produk Unix yang standar dan tidak kompetitif, pernyataan tersebut dikeluarkan oleh AT & T atau dapat dikatakan, Untuk mengurangi Popularitas BSD Unix, juga Hak Cipta Karna ada di AT & T, BSD Unix dinyatakan sebagai BSD 4.2. Dengan lisensi Berkeley dimana universitas AT & T bisa bebas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian dan Fungsi Smadav

Pengertian dan Fungsi Macromedia Flash

Sejarah dan Pengertian FreeBSD